Mey Prihandani Wulandari. “Pembelajaran Kimia melalui Metode STAD dan TAI Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Stoikiometri pada Siswa Kelas X Semester Gasal SMA Negeri 2 Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010)”. Pembimbing I: Prof. Dr. Ashadi. Pembimbing II : Drs. Haryono, M.Pd. Tesis, Surakarta: Program studi Pendidikan Sains, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret, Juni 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kimia dengan menggunakan pembelajaran kooperatif melalui metode STAD dan metode TAI dengan menggunakan media weblog terhadap prestasi belajar siswa. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. (3) Pengaruh aktivitas belajar siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa. (4) Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa. (5) Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (6) Interaksi antara kemampuan awal siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (7) Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif, kemampuan awal siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Magelang tahun pelajaran 2009/2010, sejumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 4 kelas. Teknik pengumpulan data kemampuan awal, dan prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, prestasi belajar afektif dan aktivitas belajar digunakan metode angket. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 3 Magelang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode STAD dan TAI menggunakan media weblog terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif (p=0.007) maupun afektif (p=0.000). (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif (p=0.001) belajar kimia, akan tetapi tidak signifikan antara kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi afektif (p=0.021) belajar kimia. (3) Terdapat pengaruh aktivitas belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif (p=0.022) belajar kimia, akan tetapi tidak terdapat pengaruh aktivitas tinggi dan rendah terhadap prestasi afektif (p=0.457) belajar kimia. (4) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif (p=0.140) maupun afektif (p=0.664). (5) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif (p=0.590) maupun afektif (p=0.123). (6) Tidak ada interaksi antara kemampuan awal dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif (p=0.646) maupun afektif (p=0.740). (7) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif (p=0.715) maupun afektif (p=0.668).

Kata kunci: STAD, TAI, Kemampuan Awal, Aktivitas Belajar, Stoikiometri.

Mey Prihandani Wulandari. “Chemistry Learning by STAD and TAI Methods Over Viewed from Prior Knowledge and Student’s Activity (A Case Study on Stoichiometry for 10th grade students, SMA Negeri 2 Magelang, Academic Year,2009/2010)”. Advisor I: Prof. Dr. Ashadi. Advisor II: Drs. Haryono, M.Pd. Thesis, Surakarta: Science Education Program, Post Graduate Studies Program, Sebelas Maret University, June 2010.

The aims of this research were to find out: (1) the effect of cooperative learning by STAD and TAI methods using weblog toward students achievement. (2) the effect of high and lower prior knowledge toward students achievement. (3) the effect of high and lower student’s activity ones toward students achievement. (4) the interaction between cooperative learning method with prior knowledge toward students achievement. (5) the interaction between cooperative learning method with student’s activity toward students achievement. (6) the interaction between prior knowledge and student’s activity toward students achievement. (7) the interaction between cooperative learning, prior knowledge and student’s activity toward students achievement.
The research used experimental method. The Population was all of 10th grade students in SMA Negeri 2 Magelang consisted of six classes. Four classes were taken as the samples by cluster random sampling technique. Prior knowledge and cognitive student’s achievement were collected by test method, while the affective student’s achievement and student’s activity were collected by questionere method. Instrument try out carried out in SMA Negeri 3 Magelang. ANOVA of three ways with different cell was used as the hypotesis analysis.
The results were: (1) there were effects of STAD and TAI methods using weblog toward cognitive (p=0.007) and affective (p=0.000) achievement. (2) there were effects of high and lower prior knowledge toward cognitive (p=0.001) and affective (p=0.021) achievement but was not significant. (3) there were effects of high and lower student’s activity toward cognitive (p=0.022) achievement but it didn’t give the same result for the affective (p=0.457) one. (4) there were no interaction between learning methods and prior knowladge toward cognitive (p=0.140) and affective (p=0.664) achievement. (5) there were no interaction between learning methods and student’s activity toward cognitive (p=0.590) and affective (p=0.123) achievement. (6) there were no interaction between prior knowladge and student’s activity toward cognitive (p=0.646) and affective (p=0.470) achievement. (7) there were no interaction between learning methods, prior knowladge and student’s activity toward cognitive (p=0.715) and affective (p=0.668) achievement.

Keyword: STAD, TAI, Prior Knowledge, Student’s Activity, Stoichiometry.

===================
Special Thank’s to:
===================
1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd (Ketua Penguji)
2. Dra. Soeparmi, M.A, P.hD (Sekretaris Penguji)
3. Prof. Dr. H. Ashadi (Pembimbing I)
4. Drs. Haryono, M.Pd (Pembimbing II)
5. Nuli Mursirini, S.Pd (Guru Kimia SMA Negeri 2 Magelang)

PENELITIAN YANG LAIN KLIK [di sini]