Mawan Akhir Riwanto. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DILENGKAPI MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ZAT ADITIF MAKANAN KELAS VIIIB SEMESTER II SMP NEGERI I GEMOLONG. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2008.

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas VIIIB pada materi pokok Zat Aditif Makanan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dilengkapi media komputer. (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB pada materi pokok Zat Aditif Makanan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dilengkapi media komputer.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB semester II SMP Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan : (1) kualitas proses belajar mengajar di kelas VIIIB pada materi pokok Zat Aditif Makanan dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang dilengkapi media komputer berbantuan LCD. (2) Kualitas hasil belajar siswa kelas VIIIB pada materi pokok Zat Aditif Makanan dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang dilengkapi media komputer berbantuan LCD.

===================
Special Thank’s to:
===================
1. Drs. H. Sugiharto, Apt, M.S (Ketua Penguji)
2. Drs. Haryono, M.Pd (Sekretaris Penguji)
3. Dra. Hj. Kus Sri Martini, M.Si (Pembimbing I)
4. Dra. Hj. Tri Redjeki, M.S (Pembimbing II)
5. Pak Riyanto (Guru SMP Negeri 1 Gemolong)

PENELITIAN YANG LAIN KLIK [di sini]