Mey Prihandani Wulandari. PENGGUNAAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DILENGKAPI MEDIA KOMPUTER BERBANTUAN LCD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIIIA SEMESTER II SMP NEGERI I GEMOLONG. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2009

Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok Zat Adiktif dan Psikotropika melalui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dilengkapi dengan media komputer berbantuan LCD, (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA Kimia siswa pada materi pokok Zat Adiktif dan Psikotropika melalui penerapan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dilengkapi dengan media komputer berbantuan LCD.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA semester II SMP Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan : (1) pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dilengkapi dengan media komputer berbantuan LCD dapat meningkatkan kualitas proses belajar kimia materi pokok Zat Adiktif dan Psikotropika, hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga diperoleh target ketercapaian pada Siklus I yaitu pada aspek kerjasama siswa dalam kelompok sebanyak 2 kelompok bekerjasama, pada aspek frekuensi bertanya siswa sebanyak 25 siswa bertanya, dan adanya penggunaan media dalam pembelajaran pada aspek pemanfaatan media, sedangkan untuk hasil target ketercapaian pada Siklus II yaitu pada aspek kerjasama siswa dalam kelompok sebanyak 10 kelompok bekerjasama, pada aspek frekuensi bertanya siswa sebanyak 32 siswa bertanya, dan adanya penggunaan media dalam pembelajaran pada aspek pemanfaatan media, (2) pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dilengkapi dengan media komputer berbantuan LCD dapat meningkatkan kualitas hasil belajar kimia materi pokok Zat Adiktif dan Psikotropika, hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga diperoleh target ketercapaian pada Siklus I yaitu pada aspek prestasi belajar sebanyak 30 siswa tuntas, pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran sebanyak 30 siswa puas terhadap pembelajaran yang disampaikan, pada aspek rasa ingin tahu siswa sebanyak 25 siswa mempunyai rasa ingin tahu tinggi, sedangkan untuk hasil target ketercapaian pada Siklus II yaitu pada aspek prestasi belajar sebanyak 38 siswa tuntas, pada aspek rasa ingin tahu siswa sebanyak 32 siswa mempunyai rasa ingin tahu tinggi.

===================
Special Thank’s to:
===================
1. Dra. Hj. Kus Sri Martini, M.Si. (Ketua Penguji)
2. Drs. Sulistyo Saputro, M.Si. (Sekretaris Penguji)
3. Drs. Haryono, M.Pd (Pembimbing I)
4. Dra. Tri Redjeki, M.S (Pembimbing II)
5. Pak Riyanto (Guru SMP Negeri 1 Gemolong)

PENELITIAN YANG LAIN KLIK [di sini]