Mawan Akhir Riwanto. PERBANDINGAN KAPASITAS ADSORBSI TABLET ALANG-ALANG AKTIF DAN TABLET ARANG AKTIF ALANG-ALANG TERHADAP ZAT WARNA REMAZOL GOLDEN YELLOW LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL. Seminar Kimia. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Iniversitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu aktivasi dan waktu kontak yang optimum dalam proses adsorbsi dan perbandingan kapasitas adsorbsi tablet alang-alang aktif dengan tablet arang aktif alang-alang terhadap zat warna reaktif Remazol Golden Yellow limbah industri tekstil.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel adalah zat warna Remazol Golden Yellow dalam limbah cair pabrik tekstil. Lokasi penelitian di Laboratorium Program Kimia FKIP UNS. Adsorben adalah tablet alang-alang aktif dan tablet karbon aktif alang-alang dengan variasi waktu aktivasi (0, 6, 12, dan 24 jam) dan variasi waktu kontak (15, 30, 45, dan 60 menit) dengan massa serbuk 0,05g dan ukuran adsorben 100 mesh yang diaktivasi melalui teknik perendaman dengan larutan NaOH 2% dan bahan pengikat berupa amilum dengan perbandingan serbuk:amilum adalah 20:1.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya kapasitas adsorbsi tablet alang-alang aktif terhadap limbah zat warna tekstil Remazol Golden Yellow adalah 3,8717 mg/g, sedangkan besarnya kapasitas adsorbsi tablet arang aktif alang-alang terhadap limbah zat warna tekstil Remazol Golden Yellow adalah 4,3399 mg/g sehingga diperoleh perbandingan kapasitas adsorpsi zat warna Remazol Golden Yellow oleh tablet alang-alang aktif dengan tablet arang aktif alang-alang adalah 1:1,1209.

===================
Special Thank’s to:
===================
1. Dra. Bakti Mulyani,M.Si (Penguji)
2. Drs. Haryono, M.Pd (Pembimbing)

PENELITIAN YANG LAIN KLIK [di sini]